20.19

Tujuan Bisnis

Diposting oleh Unknown |



Tujuan Bisnis dan Pihak-Pihak yang Berkepentingan
dalam Bisnis

Untuk Materi ini, Selengkapnya Download Link di Bawah ini 
( Klik Icon Download )  


Tujuan Bisnis
Tujuan Bisnis adalah untuk mencari keuntungan, karena
Etos Bisnis

etos bisnis adalah : suatu kebiasaan atau budaya moral yang menyangkut kegiatan bisnis yang dianut dalam suatu perusahaan dari generasi ke generasi lainnya. Intinya adalah pembudayaan atau pembiasaan penghayatan terhadap nilai-nilai, norma atau prinsip moral tertenu yang dianggap sebagai inti kekuatan dari suatu perusahaan yang sekaligus juga membedakannya dari perusahaan lainnya.
 
Hubungan antara Moral Vs Bisnis
Berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis di atas, dapat dikatakan bahwa dalam bisnis modern saat ini, orang dituntut untuk berkompetisi secara etis. Dalam persaingan global yang ketat tanpa mengenal adanya perlindungan dan dukungan politik tertentu semua perusahaan bisnis mau tidak mau harus bersaing berdasarkan prinsip etika tertentu. Permasalahan yang sesungguhnya menyangkut apakah norma dan prinsip etika bersifat universal atau terkait dengan budaya. 

Menurut De George (pakar etika bisnis) menagatkan bahwa perlu dilihat lebih dahulu tiga pandangan yang umum dianut. 

Pandangan pertama :---- bahwa norma etis berbeda antara satu tempat dengan tempat lainnya. Sehingga prinsip pokok yang harus dipegang adalah norma-norma dan prinsip-prinsip yang harus dipegang adalah dimana perusahaan tersebut. berada.

Pandangan kedua : ------ bahwa norma itu sendiriyang paling benar dan tepat adalah bertindaklah dimana saja sesuai dengan prinsip yang dianut negaranya masing-masing perusahaan.
Pandangan ketiga : --- adalah pendangan yang im-moralitas yang mana mengatakan tidak ada norma moral yang di-ikuti sama sekali. Dalam hal ini menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuannya.


Pendekatan Stake Holder
Pendekatan stekholder merupakan sebuah pendekatan baru yang banyak digunakan, khususnya dalam etika bisnis, belakangan ini dengan mencoba mengintegritaskan kepentingan bisnis di satu pihak dan tuntutan etika dipihak lainnya. Dalam hal ini pendekatan stakeholder adalah :
Cara mengamati dan menjelaskan secara analistis bagaimana unsur-unsur dipengaruhi dan mempengaruhi keputusan dan tindakan bisnis.

Pendekatan ini memetakan hubungan-hubungan yang terjalin dalam kegiatan bisnis pada umumnya untuk memperlihatkan siapa saja yang mempunyai kepentingan terkait dan terlibat dalam kegiatan bisnis pada umumnya. Pada akhirnya pendekatan ini mempunyai satu tujuan imperatif yaitu bisnis harus dijalankan sedemikian rupa agar hal dan kepentingan semua pihak terkait yang berkepentingan (stakeholder) dengan suatu kegiatan bisnis dijamin, diperhatikan dan dihargai. Sekaligus dengan pendekatan ini bisa dilihat dengan jelas bagaimana prinsip-prinsip etika bisnis.

Pada umumnya ada dua kelompok Stake Holder :
a.    Kelompok primer yaitu : -- terdiri dari pemilik modal atau saham, kreditor, karyawan, pemasok konsumen, penyalur dan pesaing atau rekanan.
b.    Kelompok sekunder yaitu -- terdiri dari pemerintah, lembaga asing, kelompok sosial ( LSM/NGO) ,  media massa, kelompok pendukung dan masyarakat pada umumnya.
Muslich (1998:31-33) mengemukakan prinsip-prinsip etika bisnis sebagai berikut:
1.   Prinsip Otonomi
2.   Prinsip Kejujuran
3.   Prinsip Tidak Berniat Jahat
4.   Prinsip Keadilan
5.   Prinsip hormat pada diri sendiri

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe