21.17

INDIVIDU DALAM ORGANISASI BISNIS

Diposting oleh Unknown |


INDIVIDU DALAM ORGANISASI BISNIS
 Untuk Materi ini, Selengkapnya Download Link di Bawah ini 
( Klik Icon Download )

Seorang individu dalam memasuki perusahaan/organisasi bisnis akan membawa kemampuan, kepercayaan pribadi, harapan (expektasi) kebutuhan dan pengalaman masa lalunya sebagai suatu karateristik individunya. Selanjutnya karateristik tersebut akan saling berinteraksi dengan tatanan yang ada di organisasi seperti struktur, birokrasi hirarki, tugas dan wewenang yang ada maupun sistem pengendalian yang dimiliki suatu organisasi bisnis tersebut.

Organisasi Bisnis yang Baik dan Rasional 
Suatu organisasi bisnis dapat bertahan lama bukan dibentuk oleh suatu menajemen yang hebat, tidak juga oleh orang-orang yang hebat, ataupun sistem, melainkan dibuat dan dirancang oleh suatu nilai-nilai. Budaya Perusahaan (Corporate Culture) selalu meninitik-beratkan pada bottom up, menggali segala sesuatu mulai dari bawah, bukan dari atas ke bawah (Top Down), semua orang harus tahu apa yang sebenarnya dibutuhkan dan diinginkan.

Budaya Kerja Organisasi adalah :
“Keseluruhan kepercayaan (Beliefs) dan nilai-nilai (Values) yang dimiliki dan tumbuh berkembang dalam suatu organisasi atau perusahaan, menjadi dasar cara berpikir, berperilaku dan bertindak dari seluruh insan organisasi, dan diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya.”

Karyawan sebagai bagian Organisasi Bisnis
Dalam mengembangkan sebuah strategi bisnisnya suatu perusahaan harus memperkenalkan dan mensosialisasi strategi tersebut kepada karyawannya. Sehingga mereka dapat mendukung dan bekerjasama untuk mencapai tujuan perusahaan yang akan dicapai dengan menggunakans strategi bisnis ini.

Tanggung-jawab Perusahaan kepada Karyawan/Pekerja
Di negara-negara yang menganut sistem kapitalis/liberalisme, maka keberadaan perusahaan dipahami adalah untuk mendapat keuntungan ekonomis. Namun demikian selain mempunyai tujuan untuk memperoleh keuntungan, perusahan-perusahaan ini juga dituntut untuk memenuhi tanggung jawab sosial tertentu. Berbagai pendapat tentang kepentingan relative antara profitabilitas dan tanggung jawab sosial ini. Ada pihak yang mendukung pendapat bahwa profitabilitas adalah tujuan utama dari perusahaan dan tanggungjawab sosial yang harus diitanggung adalah hanya yang masuk dalam kerangka hukum yang terkait dengan keberadaan perusahaan tersebut.
 
Manajer sebagai Pemimpin Organisasi Bisnis
Dalam perusahaan yang baik, para manajer memimpin pelaksanaan strategi pelayanan. Dengan memberikan penekanan terhadap kepedulian pada pelanggan. Kunci utamanya adalah apara manajer perlu menjalin dan menghargai hubungan mereka dengan karyawannya sebagaiman mereka melakukan terhadap para pelanggan.

Organisasi Politik
Dalam organisasi politik ini juga terdapat individu-individu yang terlibat dan berperan-aktif di dalamnya. Sehingga mereka juga mempunyai tujuan, Visi dan Misi dalam mencapai tujuannya. Kita menyadari bahwa dinamika politik tidak dapat dipisahkan dengan kegaitan ekonomi. Jika secara politik negara kita baik dan aman maka dari sisi perekonomian negara juga dapat berkembang untuk mencapai tujuannya. Sehingga negara akan makmur dan sejahtera. Namun demikian jika politik suatu negara carut marut maka hampir bisa dipastikan akan berpengaruh buruk terhadap kegiatan ekonomi suatu negara.

Organisasi Politik yang baik adalah organisasi politik yang menanamkan dan berpedoman terhadap etika dan norma-norma yang dimiliki. Walaupun pada kenyataannya di lihat pada kehidupan organisasi politik yang ada di negara kita, masih memiliki tujuan partai maupun individu untuk mencari keuntungan bagi organisasi politiknya. Karena begitu pesatnya perkembangan dunia secara global maka kebiasaan-kebiasaan buruk ini jika tidak diubah maka organisasi politik yang demikian ini akan ditinggalkan individu-individu yang ada, bahkan masayarkat juga akan tidak respect bahkan meninggalkan partai poilitk yang ada. Kita mengetahui bahwa lama kelamaan masyarakat akan semakin kritis dan cerdas, mana organisasi politik yang baik dan dapat memberikan manfaat bagi dirinya maupun lingkungannya. Dan dapat memebrikan harapan-harapan yang lebih baik dimasa depan. Pelaku bisnis juga akan menilai bahwa organisasi politik mana yang baik dan memberikan kontribusi yang nyata bagi dunia bisnis mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe