21.21

ETIKA DALAM MANAJEMEN KEUANGAN

Diposting oleh Unknown |


ETIKA DALAM MANAJEMEN KEUANGAN
Untuk Materi ini, Selengkapnya Download Link di Bawah ini 
( Klik Icon Download )




Fungsi Keuangan dalam suatu perusahaan adalah bagain yang bertugas untuk mengatur pencarian sumber-sumber dana yang dibutuhkan bagi perusahaan dan kemudian mengatur penggunaan dari dana yang telah diperolehnya. Sumber dana yang dibutuhkan dapat diperoleh dari berbagai macam sumber, baik sumber yang ada di intern yaitu yang berasal dari perusahaan itu sendiri maupun dana yang berasal dari ekstern perusahaan.
Yang dimaksud dengan sumber intern perusahaan adalah dana yang berasal dari hasil kegiatan perusahaan misalnya: hasil penjualan yang menghasilkan laba dan dari laba ini yang dimanfaatkan untuk kegiatan perusahaan tersebut.

Kebutuhan Operasional 
Kebutuhan Operasional adalah merupakan kebutuhan terhadap barang-barang modal yang dipergunakan untuk melakukan keghiatan operasional perusahaan. Kebutuhan ini sebagai contohnya : kebutuhan modal kerja mebayar upah, membayar listrik teleepon dn lain sebagainya. Disamping itu modal kerja atau modal usaha ini maka terdapat pula kebutuhan akan barang modal tetap (aktiva tetap) yang berupa mesin-mesin, gedung kantor, peralatan kerja dan lain-lain.
Kebutuhan Sumber Dana 
Kebutuhan terhadap alat-alat opersionla perlu dicermati dan dianalisa dari mana dana yang kan dipernakan untuk membiayai kebutuhan-kebuthan alat-alat operasional tersebut. 
Contohnya manajemen telah memperhitungkan kebutuhan modal kerja sebesar Rp. 10 Milyard , maka di sini perlu dianalisa dari mana dana sebesar itu harus diperoleh. Dalam hal ini dapat diambil dari Hutang/Modal Asing ataupun Modal Sendiri.Baik modal asing maupun modal sendiri merupakan sumber dana yang kan dipergunakan dalam membiayai kebutuhan modal tersebut.

Dilihat dari asalnya, maka sumber dana dapat dibagi menjadi :
                1. Sumber dana Ektern
                2. Sumber Dana Intern.
Jika dilihat dari kepemilikannya sumber dana dapat dibagi dua macam yaitu :
                a. Modal Asing
                b. Modal Sendiri

Pembagian lain adalah atas dasar jangka waktunya yang tercakup dalam sumber dana tersebut maka dapat dibagai menjadi :
                1. Sumber Dana jangka Pendek
                2. Sumber Dana Jangka Panjang

 Sumber dana asing adalah sumber dana yang mana pemilik dari sumber dana tersebut adalah merupakan pihak luar dari peruahaan. Sumber dana macam ini pada kenyataannya adalah berupa utang kepada pihak luat, baik hutang jangka pendek maupun hutnag jangka panjang. Misalnya modal asing dapat disebutkan sebagai berikut :
                - Hutang Dagang
                - Hutang Obligasi
                - Hutang hipotek 
                - Kredit Bank
                - KMKP (Kredit modal Kerja Permanen)
                - KIK (Kredit Investasi Kecil)

Sumber dana senduiri yaitu sumber dana dari pemilik dana tersebut adalah merupakan pemilik peruahaan yang bersangkutan. Sumber dana ini sering disebut Modal Sendiri atau Ownwer’s Equity. Contohnya :
                - Modal Saham Biasa ( Common Stock)
                - Modal Saham Preferen ( Preferren Stock)
                - Modal Statuta
                - Modal Sendiri
                - Laba yang ditahan (Retained Earning)


Sumber dana ekstern adalah sumber dana yang berasal dari luat perusahaan atau berasal dari masyarkat umum di luar perusahaan. Dalam hal ini maka modal asing mauun Modal Saham adalah merupakan sumber dana yang berasal dari luar perusahaan karena keduanya adalah berasal dari masayarkat umum.


0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe