19.33

KERJA DAN ENERGI

Diposting oleh Unknown |



Untuk Materi ini, Selengkapnya Download Link di Bawah ini 
( Klik Icon Download )  


Energi adalah sesuatu besaran fisis yang dapat menghasilkan kerja bisa di transformasikan dari satu bentuk ke bentuk yang lain. Pada pembahasan di sini dititik beratkan pada energi mekanik yang terdiri dari energi kinetik dan energi potensial.

8.1 Energi dan Kerja
Energi, atau sering kali disebut tenaga, adalah suatu pengertian yang sering sekali digunakan orang. Akhir-akhir ini kita banyak berita tentang krisis energi, yang tidak lain adalah krisis bahan bakar. Bahan bakar adalah sesuatu yang menyimpan energi; jika dibakar kita memperoleh energi, yang selanjutnya dapat digunakan untuk transfort, atau menjalankan mesin dalam suatu pabrik. Akan tetapi energi adalah suatu pengertian yang tidak mudah didefinisiksn dengan singkat dan tepat.

8.2 Transformasi energi dan hukum kekekalan energi
Dalam fisika kita juga artikan energi sebagai kemampuan melakukan kerja. Energi di dalam alam adalah suatu besaran yang kekal. Energi dapat berubah dari suatu bentuk ke bentuk lain, misalnya pada kompor di dapur, energi yang tersimpan dalam minyak tanah diubah menjadi api. Selanjutnya jika api digunakan untuk memanaskan air, energi berubah bentuk lagi menjadi gerak molekul-molekul air. Contoh lain, energi yang didapat dari pembakaran berubah menjadi energi gerak pada mobil. Perubahan bentuk energi ini di sebut transformasi energi.

8.4 Proses transfer dan transformasi energi
Agar lebih jelas lagi, marilah kita bahas suatu proses perubahan dan perpindahan energi. Untuk itu kita rancang suatu eksperimen sederhana seperti ditunjukan pada gambar 8.1. sebuah kompor minyak tanah dipergunakan untuk memanaskan air dalam suatu ketel air yang diperlengkapi dengan  suatu silinder atau torak. Ketel ini tidak lain adalah suatu motor uap sederhana. Torak mendorong batang penggerak, yang selanjutnya menarik tali.

8.5 Ukuran transfer energi
Kerja yang dilakukan oleh sebuah gaya dapat diukur dari banyaknya bahan bakar yang diperlukan untuk melakukan kerja tersebut.
Jika dalam eksperimen kita usahakan agar tidak ada energi yang hilang sebagai kalor, maka energi dari bahan bakar seluruhnya dipergunakan untuk melakukan kerja. Untuk suatu gaya F tertetu yang bekerja pada benda tertentu, perpindahan benda sebesar 2 d memerlukan bahan bakar 2 kali perpindahan d. sedangkan untuk suatu perpindahan tertentu, gaya 2 F memerlukan bahan bakar dua kali gaya  F. jadi kerja yang dilakukan oleh gaya F yang menyebabkan pergeseran benda sebesar ∆x dalam arah F dapat dituliskan sebagai
8.6 Satuan
Mungkin anda bertanya apakah satuan untuk kerja. Dari persamaan kita dapat melihat bahwa satuan untuk kerja adalah satuan untuk gaya dikalikan dengan satuan untuk panjang. Dalam system satuan MKS, satuan untuk gaya adalah newton (N) dan satuan untuk panjang dalah meter (m), sehingga satuan untuk kerja haruslah newton- meter, (Nm); satuan ini kita sebut joule.

8.7 Gaya tak sejajar gerak
Sekarang misalkan perpindahan ∆x tidak sejajar dengan arah  berapakah besar kerja yang dilakukan pada benda.

8.8 Usaha oleh gaya yang tidak konstan
a.    Usaha oleh gaya tekan normal N, arah N selalu tegak lurus lintasan sedang nilai N boleh tetap/berubah-ubah maka usaha oleh N selalu = 0
b.    Usaha oleh gaya gesekan yang nilainya konstan pada lintasan lurus/tidak lurus. Arah fr selalu berlawanan arah gesek, jadi selalu negative.
Usaha oleh gaya gesekan fr = fr . ds (ds = panjang lintasan)

Energi/tenaga Mekanik
Ketentuan : suatu benda ( oleh sesuatu sebab gaya) dikatakan memiliki suatu tenaga, bila benda itu mempunyai kemampua/kesanggupan untuk melakukan suatu usaha.
Dibedakan dua macam tenaga : yaitu tenaga gerak atau kinetis dan tenaga tempat atau potensial.

8.9 Energi Kinetik
Suatu benda dengan massa m sedang bergerak dengan kecepatan  memiliki tenaga gerak karena benda itu mempunyai kemampuan untuk melakukan usaha. Peluru yang ditembakan memiliki tenaga gerak, karena itu dapat menembus/masuk kedalam sasarannya yang dikenal, makin besar/berat peluru makin dalam menembusnya, juga makin besar kecepatannya makin dalam pula menembusnya.
8.10 Energi potensial
Suatu benda yang beratnya W berada disuatu tempat, memiliki tenaga tempat terhadap suatu tempat lain yang kita pilih. Karena benda itu mempunyai kemampuan melakukan usaha dari tempat tersebut ketempat yang lain ( yang kita pilih). Tempat yang dipilih kita tentukan, sebagai bidang potensial nol,

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe