19.40

GERAK LURUS

Diposting oleh Unknown |


Untuk Materi ini, Selengkapnya Download Link di Bawah ini 
( Klik Icon Download )  



8.1   Kecepatan rata-rata dan perpindahan
Perpindahan sebuah benda didefinisikan sebagai perpindahan posisinya, benda yang mengalami perubahan posisi dikatakan berpindah, misalnya seseorang memperhatikan stop watch sebuah benda berubah pada posisi pada t1 = 10s berada pada jarak 15 meter dari titik acuan dan pada t2 = 20s benda berada pada jarak 75 meter dari titik acuan dan berpindah mengikuti garis lurus pada sumbu x ditulis dalam bentuk koordinat waktu dan posisi (t, x) adalah sebagai berikut (10, 15) dan (20, 75).


8.2   Kecepatan Sesaat
Jika seseorang mengendarai mobil bergerak lurus selama 2 jam dan menempuh jarak 150 Km maka mobil tersebut bergerak rata-rata sebesar
tetapi mustahil mobil tersebut setiap saat bergerak dengan kecepatan 75 Km/jam misalnya pada waktu mulai bergerak dan waktu mau berhenti tidak mungkin seketika berubah, kecepatan yang dilihat pada saat tertentu disebut kecepatan sesaat atau dengan ungkapan matematika keecepatan sesaat didefinisikan sebagai berikut:
8.3   Percepatan
Pada umumnya kecepatan benda juga berubah terus dengan waktu. Sebuah benda yang kecepatannya berubah disebut mengalami percepatan, jika dalam selang waktu kecil mengalami perrubahan kecepatan yang besar maka benda tersebut memiliki percepatan yang besar, seperti halnya kecepatan dikenal ada kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat maka percepatan pun sama, dengan mengambil analoginya dengan kecepatan maka:


8.4   Gerak lurus dipercepat beraturan
Sebuah gerak yang lintasannya lurus dan dipercepat dengan percepatan tetap dinamakan gerak lurus beraturan (glbb). A = tetap (konstan).
Persamaan kecepatan pada setiap saat yang didapat dari percepatan tersebut dapat dicari dengan cara mengintegralkan percepatan (sebabintegral adalah kebalikan dari diferensial).
                       

8.5   Benda jatuh


Benda yang dijatuhkan secara bebas dan dianggap mempunyai percepatan tetap sebesar percepatan gravitasi (g m/s) dan kecepatan awalnya nol maka kecepatan benda mencapai tanah dapat diturunkan dari persamaan:

V2 = V02 + 2ax
v0 = 0
 x =h
a = g m/s
sehingga v2 = 2 gh 

Benda dilempar vertikal
Benda ditembakkan ke atas dengan kecepatan V0 dan diperlambat dengan perlambatab tetap g m/s2 mengikuti persamaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe